Contact Form

Name

Email *

Message *

Cari Blog Ini

Kelompok Hewan Yang Berkembangbiak Secara Ovivar Adalah

Kelompok Hewan Ovipar: Berkembang Biak Melalui Telur

Pengertian Ovipar

Ovipar berasal dari bahasa Latin yang berarti "bertelur". Kelompok hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Hewan betina ovipar menghasilkan telur yang telah dibuahi, yang kemudian akan menetas menjadi anak hewan.

Ciri-ciri Hewan Ovipar

* Berkembang biak dengan cara bertelur. * Telur yang dihasilkan telah dibuahi. * Telur memiliki cangkang yang keras atau lunak. * Embrio berkembang di dalam telur. * Setelah masa inkubasi, telur menetas dan keluarlah anak hewan.

Contoh Hewan Ovipar

Beberapa contoh hewan ovipar antara lain: * Burung (ayam, burung pipit, elang) * Reptil (ular, kadal, kura-kura) * Amfibi (katak, salamander) * Serangga (kupu-kupu, semut, belalang) * Ikan (ikan mas, ikan guppy, ikan salmon)

Perbedaan Ovipar dengan Vivipar

Hewan ovipar berbeda dengan hewan vivipar yang berkembang biak dengan melahirkan. Pada hewan vivipar, telur yang dihasilkan tidak dibuahi dan embrio berkembang di dalam rahim induk betina. Setelah masa kehamilan, anak hewan dilahirkan dalam keadaan hidup.

Adaptasi Hewan Ovipar

Hewan ovipar telah mengembangkan berbagai adaptasi untuk melindungi dan menetaskan telurnya, seperti: * **Cangkang Telur:** Telur memiliki cangkang yang keras atau lunak untuk melindungi embrio yang sedang berkembang. * **Masa Inkubasi:** Telur membutuhkan waktu tertentu untuk menetas, yang dikenal sebagai masa inkubasi. Masa inkubasi bervariasi tergantung pada spesies hewan. * **Sarang:** Beberapa hewan ovipar, seperti burung dan reptil, membangun sarang untuk melindungi dan menginkubasi telurnya. * **Perawatan Induk:** Beberapa hewan ovipar, seperti burung, merawat telurnya dengan mengerami atau memberikan kehangatan.


Comments